Kota

Program Wajar 2 Jam Mulai Jalan, Sejumlah Warga Sampaikan Aspirasi ke Penjabat Wali Kota

ZonaInfo.id, Ambon – Program Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena Jumpa Rakyat (Wajar) selama 2 Jam mulai berjalan, Jumat (26/8/2022).

Sejumlah warga menyampaikan aspirasi langsung kepada penjabat Wali Kota di Balai Kota.

“Untuk pertama kalinya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar program Wali Kota Jumpa Rakyat selama 2 Jam,” ungkap Wattimena usai menerima warga di Balai Kota.

Meskipun kondisi hujan namun warga tetap berkeinginan untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada penjabat Wali Kota.

“Ada sekitar 6 kelompok masyarakat yang menyampaikan persoalan yang mereka dihadapi,” ujar Wattimena.

Aspirasi yang disampaikan menyangkut masalah air bersih, pasar, dan soal kenyamanan berusaha.

“Semua itu disampaikan, dan kita bersyukur bahwa dengan program ini ternyata mudah bagi kita untuk mengetahui apa yang masyarakat butuhkan,” jelas Wattimena.

Dari berbagai persoalan yang disampaikan kata Wattimena menjadi tanggung jawab Pemkot Ambon untuk segera tindak lanjuti.

“Misalnya soal air yang tidak jalan 5 hari, kita langsung hubungi DSA  untuk segera perbaiki dan harus jalan,” ungkapnya.

Wattimena menegaskan apa yang disampaikan hari ini akan menjadi bahan evaluasi OPD dan sejauh mana merespons berbagai persoalan masyarakat.

“Pemerintah tentunya lewat OPD-OPD teknis. Jadi program Wajar 2 Jam ini selain dimaksudkan untuk kita menyerap aspirasi masyarakat namun sekaligus sebagai ajang bahan evaluasi OPD di lingkup Pemkot,” ujarnya.

Lanjutnya, kalau ada masalah atau keluhan masyarakat tentang air bersih, jalan yang rusak, atau pasar bagaimana respons DSA, Dinas PUPR dan Dinas Perindag?. Disinilah kinerja masing-masing OPD dievalusi.

“Program ini akan tetap berlanjut setiap hari Jumat jam 8 hingga jam 10 pagi. Ada atau tidak ada saya di Kota Ambon tetap harus jalan, karena bisa saja masyarakat diterima oleh Sekretaris Kota dan pimpinan OPD,” kata Wattimena.

Ia berharap melalui program Wajar 2 Jam semua aspirasi masyarakat bisa terjawab. (ZI-10)